Rabu, 16 Februari 2011

Fungsi Asam Glukoronat dalam Teh Kombucha

Asam glukoronat berfungsi mengikat atau mengonjungasi toksin atau racun, logam-logam berat, dan lemak sehingga mudah larut dalam air dan kemudian dikeluarkan melalui air kemih. Asam glukoronat akan menetralisir unsur-unsur beracun di dalam tubuh manusia dan menguraikannya menjadi produk akhir. Menurut Dr. Valentine Kohler, asam glukoronat bisa dipakai untuk mengobati penyakit kanker. Efek panjang asam glukoronat yaitu membangkitkan sistem pertahanan tubuh.
Asam ini juga berperan dalam metabolisme yang berlangsung dalam tubuh. Proses pertumbuhan dan dekomposisi dalam metabolisme akan berjalan dengan baik akibat pengaruh dosis kecil asam glukoronat yang terkandung dalam teh kombucha. Asam glukonat yang terkandung di dalam kombucha memiliki fungsi mengawetkan makanan dalam tubuh.
Di dalam tubuh, asam glukoronat diproduksi oleh hati atau lever. Hati atau lever orang sehat mampu memproduksi asam glukoronat dalam jumlah yang cukup banyak bagi keperluan tubuh, sehingga mampu menetralkan racun. Di dalam hati, asam glukoronat mengikat semua racun melalui proses metabolisme dan dibuang melalui alat pembuangan. Jika racun dalam tubuh sudah diikat oleh asam glukoronat, ia tidak bisa lagi terserap oleh tubuh.
Pustaka
Kombucha; Teh dengan Seribu Khasiat (ed. Revisi) Oleh dr. Henry Naland, Sp.B (K) onk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar